Rapat Kordinasi Tim inovasi Kampung Kab.Dogiyai: Inovasi akan Membuat Perubahan Besar bagi Desa, Sumber Daya Desa akan Semakin Bersaing

aleks, 09 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

DOGIYAI – Mengingat adanya keputusan menteri Desa, Pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi Republik Indonesia Nomor 04 tahun 2019 tentang menteri Desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi Nomor 48 tahun 2018 pedoman umum program inovasi desa.

Tim inovasi Kampung Kab.Dogiyai Bakal Menggelar Rapat kordinasi Tim Inovasi Kampung Kabupaten Dogiyai, Program Inovasi Desa Tahun Anggaran 2019 bakal menggelar diaula koteka-Moge Mowanemani,08/10 pekan kemarin. 

Rapat kordinasi dihadiri bupati kabupaten Dogiyai yang diwakili Asisten 1, Nason Pigai, dan beberapa Kepala SKPD dilingkungan pemerintahan kab.Dogiyai.

Bupati Dogiyai yang diwakili Asisten 1 dalam sambutannya menyatakan, Program inovasi desa ini sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkuwalitas  agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing program inovasi desa hadir sebagai, upaya mendorong peningkatankualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukkan inovasi pembangunan desa.

Hal ini juga untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi local dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

Lanjutnya, inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing , infrastrukturnya menjadi lebih baikyang akan secara tidak langsung menggerakkan ekonomi didesa dan berimbas pada perubahan Ekonomi kabupaten Dogiyai secara keseluruhan.

Ia berharap, melalui rapat kordinasi Tim Inovasi Desa Kabupaten Dogiyai akan menjadi pelaku dan pemangku kepentingan yang terkait dapat mengetahui, Filosofis, Teknis, dan serta memandu dalam memfasilitasi kegiatan PID, sehingga desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan desa dalam memanfaatkan dana yang menjadikan desa lebih produktif.

Semoga pengetahuan yang akan didapatkan nantinya bias diterapkan serta diaplikasikan dalam pengelolaan dana desa secara lebih professional sehingga desa menjadi lebih produktif dan maju, untuk dapat membantu desa dalam merumuskan perencanaan pembangunan agar lebih efektif dan efisien.
Tim inovasi kabupaten dan tim Inovasi desa yang sudah terbentuk yang berasal dari beberapa OPD, Asosiasi, dan unsur masyarakat desa agar dapat bekerja maksimal sesuai PTO dan juknis yang telah disusun, lantaran Pemerintah Kabupaten Dogiyai berkomitmen agar desa berubah menjadi semakin baik.

Perbaikkan desa akan terwujud jika aparatur desa terus didorong untuk selalu meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan dana desa yang efektif.
Selain itu, ditambahkan Kepala dinas saat diwawancarai wartawan seusai Rapat dikediamannya, ia menyatakan, Tim inovasi Desa ini Merupakan, kelompok masyarakat pelaku Program Inovasi Desa (PID) yang berkedudukan di tingkat kecamatan yang bertugas untuk mengelola Dana Operasional Kegiatan Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa.

Tujuannya untuk mendukung pembangunan desa yang lebih kreatif dalam mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia. Dalam rangka percepatan pelaksanaan program inovasi desa, pada tingkat kecamatan akan dibentuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID)
Saya juga berharap,Tim Inovasi Desa kedepan Betul-betul bekerja secara professional agar rakyat kabupaten Dogiyai dapat bersaing dalam pengembangan potensi mereka. (Aleks Waine)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu